• Microsoft Windows
• Mac OS X
• Linux
• IRIX
• Solaris
• NetBSD
• FreeBSD
• OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Ya langsung saja
buka Blendernya jika sudah maka akan masuk tampilan blendernya dan view
port akan ada object default yaitu berbentuk kubus.
Disini saya
membuat karakter yang berbentuk Penyu yang saya namakan “Penyo”. Yang
bagian badannya saya bentuk dari mesh-mesh/object-object yang sudah ada.
Ya langsung saja karena saya tidak menggunakan object kubus maka object
saya delete dengan cara klik kanan terlebih pada object yang ingin
dihapus kemudian klik x pada keyboard. Lalu akan muncul tulisan Delete
lalu klik kiri maka object yang tadi dipilih akan terhapus.
Jika sudah kita
akan memulai membuat bagian kepala Si Penyo menggunakan object/Mesh UV
Sphere. Cara menambahkannya menu add pada menu bar lalu pilih Mesh
kemudian pilih UV Sphere.
Jika sudah object yang dipilih akan muncul pada Viewportnya.
Selanjutnya
sekarang ketahap membentuk bentuk kepalanya disini saya membentuk sesuai
keinginan saya. Pada membentuk kepala tersebut saya menggunakan
kombinasi Scale dan Translate. Sebelum melakukan edit object kita harus
mengklik tombol tab pada keyboard untuk bisa mengedit object. Kemudian
saya mencoba melancipkan bagian dagu. Untuk memilih bagian yang
diinginkan saja kita dapat menselectnya dengan cara klik “tab” lalu klik
kanan pada object yang dipilih lalu jika ingin memperbesar atau
menambah selectnya dengan cara klik “Shift”.
Jika sudah bentuk
seperti gambar dibawah. Dalam menselect bagian dari object kita bisa
menselect dengan tiga cara yaitu menselect titik, garis dan 1 sisi.
Untuk mengganti cara menselect kita bisa lihat pada bagian bawah pada
blender yang akan muncul apabila kita mengklik tombol tab pada keyboard.
Selanjutnya saya
membuat bentuk badanya dengan cara tambah lagi mesh UV Sphere. Saya akan
membentuk seperti tempurung penyu dengan cara select ½ bagian apabila
kita ingin menselect bagian dari objectnya lumayan banyak kita tidak
usah menselect 1 persatu kita bisa menggunakan tombol “B” pada keyboard.
Tombol B akan menselect sesuai area yang kita buat. Dengan cara klik
tab lalu klik Tombol “A” untuk mendeselect lalu klik B dan buat area
yang anda mau edit.
Jika sudah seperti
diatas lalu lepas. Jika suda perkecil pada bagian depan sehingga bagian
belakan akan lebih besar. Maka akan berbentuk seperti tempurungnya
untuk mempercepat gunakan shortkey “S” yaitu untuk scale.
Selanjutnya saya
membuat bahu lengannya tambahkan Mesh UV Sphere. Lalu kecilkan sesuai
gambar kemudain letakan pada bagainnya. Jika sudah makan bahu 1 bagian
sudah jadi untuk membuat 1 bagian yang lain anda tidak perlu membuat
object lagi. Anda bisa mengcopy object tersebut dengan cara klik tombol
“Shift” dengan “D” maka object yang dipilih akan tercopy. Dan pindahkan
object tersebut sesuai sumbu Y agar sisi kiri dank an seimbang dengan
cara klik saja tombol Y pada saat memindahkan.
Jika sudah buat
telapak tangannya. Disini saja juga memakain Mesh UV Sphere lalu saya
edit-edit sehingga membentuk telapak tangan yang mempunyai 3 kuku.
Lalu letakan pada bagiannya.
Kemudian saya
ingin menambahkan kaca mata. Caranya select saja pada bagian matanya
lalu duplikat kemudian pindahkan pada sumbu z kedepan. Sehinggan akan
membentuk seperti kaca mata.
Lalu pada sisi
ujung bagian kaca mata edit dengan cara select garis pada ujung nya
kemudian rapatkan pada kepalanya sehingga akan terlihat kacamata
tergantung pada kepalanya.
Jika suda buat
kakinya dengan object UV Sphere juga lalu klik tab dan pada bagian kiri
blender ada tulisan Loop Cut and Slide. Jadi kita dapat memotong bagian
dari object.
Jika sudah pilih
bagiannya pindahkan dengan mengklik g lalu pindahkan sesuai sumbu y pada
tambilan View. Agar object membentuk paha kaki.
Untuk membuat bagian telapak kakinya saya juga menggunakan Mesh UV Sphere. Lalu edit objectnya seperti gambar dibawah.
Jika sudah letakan pada tempatnya.
Kemudian saya menambahkan ekor dengan cara pilih saja bagian pada belakang lalu drag hingga membentuk seperti ekor.
Kemudain saya menambahkan pipinya menggunakan object UV Sphere agar terlihat lucu. Haha
Untuk menghaluskan object yang kita buat klik smooth pada bagian kiri blender.
Jika sudah untuk melihat hasilnya kita menggunakan perintah Render atau klik F12.
Ya sekian tutorial dari saya. Karena saya masih dalam tahap belajar mohon maaf bila ada salah. Terima Kasih Sumber : Tkj25.com
0 komentar:
Post a Comment
Tinggalkan Komentar anda di sini !